Friday, July 12, 2013

Kid Sewing: Day Three - Teddy Brownie

Seharusnya hari ini menjahit tote bag tapi saya menggantinya dengan stuffed bear plush untuk si kecil. Idenya dadakan... Sekedar ingin membuat si kecil senang karena toh nantinya kalau kakak bisa menjahit dengan baik, adik bakal kebagian senangnya juga (dibikinin macam-macam, salah satunya boneka).

Saya mendesain bear plush-nya secara bebas saja. Ambil kertas A4, gunting ujung-ujungnya membundar (dibedakan antara bagian ujung-ujung atas dengan ujung-ujung bawah). Kemudian, pola gundul (tanpa kuping, tangan dan kaki) tersebut diletakkan di atas kain yang akan dipotong. Saat menggunting, saya membentuk langsung kuping, tangan dan kaki sesuai keinginan saya. Yang penting cukup proporsional antara kanan dan kirinya. Ini menjadi body depan.

Untuk memotong body belakang, saya tinggal meletakkan body depan di atas kain yang sama, kemudian menggunting kain tersebut mengikuti pola si body depan.

Kain yang digunakan adalah fleece sisa membuat popok kain.

Kemudian bagian mata dan hidung juga digunting secara bebas. Sekali lagi, yang penting proporsional. Supaya bagian mata kanan dan kiri bentuknya relatif sama, dua lapis kain digunting berbarengan saja.

Kain polkadot juga merupakan fabric scrap.

Project ini tergolong lebih sulit dibanding dua project sebelumnya karena ada bagian-bagian melingkar yang harus dijahit oleh si kakak. Dan juga, ini kali pertama bagi kakak belajar menjahit menggunakan zigzag stitch untuk aplikasi bagian mata (jarak stitching 0.5/3.5).


Saat hendak stuffing boneka, kami melibatkan si kecil untuk melakukannya sehingga dia merasa berpartisipasi dalam proses pembuatan. Dan kami pun meminta si kecil untuk mencarikan nama si boneka bear itu. Akhirnya dia mengatakan: "Teddy Brownie" :D

Voila, Teddy Brownie!



Update: My lil one changed the name of "Brownie" into "Biscuit" as advised by her Papap >_<


No comments: