Pages

Monday, March 11, 2013

Gardening 2013, Let's start it!

Penyemaian benih pertama kali dimulai saat liburan sekolah Februari kemarin. Yang disemai adalah biji cilantro hasil tanam tahun lalu. Kemudian saya mulai mempersiapkan tanah di beberapa pot (dicicil ya... maklum...) dan menyemai beberapa benih yang lain (lettuce, radish, spinach, cabe rawit). Baby chives tumbuh sendiri dari bekas tanahnya yang tahun lalu. Cukup mengagetkan karena saya sudah menghancurkan tanah dalam pot tersebut. Berhubung saya cinta sekali dengan chives dan sering masak dengan herb itu, jadi saya tetap membeli lagi baby plant-nya di Botanic.


Tahun ini saya mau mencoba menanam strawberry. Kemudian, saya juga mau mengganti tanaman basil sebelumnya (basilic grand vert) dengan citron basil. Rencananya sih hanya itu yang baru. Namun ternyata kemarin saya tidak tahan untuk membeli Kale Bleu 3,5 EUR di Foire aux Plantes Orléans. Kalau melihat di google, Kale Bleu ini mirip dengan Rape Kale. Sempat juga melihat tanaman goji seharga 10 EUR. Tergoda tapi tidak beli *bangga atau menyesal?* :D

Selain itu, tahun ini saya juga harus mempertimbangkan apakah harus rotasi lokasi/pot tanam khususnya utk jenis tanaman yang katanya "makannya" banyak, seperti tomat dan kentang. Cuma repot juga karena sebenarnya saya ngga punya cukup banyak pot atau planter yang besar. Thinking about buying 2 new pots with the diameter of 30 cm. Tapi nanti dulu deh... Harusnya tahun ini ngga ngeluarin dana utk tools and equipments.

Catatan dari hasil kunjungan ke Botanic dan Foire aux Plantes kemarin: tanaman tomat dan basil belum dijual. Kalau mengingat tahun lalu, rasanya sih bulan April baru ada. Kl tanaman strawberry, di Eric Deloulay http://www.aromatiques.fr/ (pépinière di dekat Orleans) sudah ada pas lihat mereka jualan kemarin di Foire. Tapi jenis strawberry yang mereka jual itu masuk kategori légumes anciens. Saya maunya yang biasa aja...

Yuk, mulai lagi berkebun...!



No comments: