Pages

Saturday, November 20, 2010

Decorating Cupcakes, finally...

Kenapa saya tulis 'finally'? Karena niat utk menghias cupcakes sudah ada sejak tahun lalu. Momentnya sama, menjelang ulang tahun my big girl, seperti yg saya tulis di blog ini. And today, baru deh terlaksana... latihan menghias cupcakes :).

Tahun ini, dapat ide dari teman, Liz, untuk menggunakan pâte d'amande sebagai pengganti fondant. Melihat Barbie Cakes yg dibuat Liz dgn pâte d'amande, saya makin ingin coba, apalagi my big girl suka sekali dgn Barbie Cakes. Seiring berjalannya waktu, ternyata dia suka berubah pikiran. Emaknya pusing. Ya sudahlah, cupcakes dulu aja yg dihias yah... Dan ternyata dia suka!

Saya mencoba dua macam hiasan, dgn pâte d'amande dan dgn buttercream. Yang pertama, saya terbantu dengan bbrp bento stuffs yg saya bawa dari Jakarta. Oke banget untuk cutting pâte, jadi tidak perlu membeli cutter khusus (hm, yg 2 thn lalu saya beli masih ada sih, tp kegedean). Kemudian, banyaknya video tutorial di Youtube juga sangat membantu. Semakin ada bayangan, dan lumayan dapet bbrp tips.

Yang kedua, menghias dgn buttercream. Senada dgn sebelumnya, saya juga terbantu dgn Youtube utk tutorial menghias cupcakes menggunakan buttercream, serta mendapat ide2 dari bbrp foto karya orang lain di internet. Awalnya saya pikir ini akan lebih mudah dibanding menggunakan pâte d'amande. Ternyata... Namanya juga tidak pernah hias kue dgn buttercream, hasilnya tidak spt yang saya harapkan. Berkat taburan gula ^_^ dari Scrapcooking Kit, tampilan cupcakes menjadi lebih baik.

O iya, saya membeli Scrapcooking Kit ini tahun lalu menjelang ultah my big girl. Tapi... baru dipakai sekarang, kecuali paper cups-nya yang sudah habis utk membuat muffins.

Utk project ini, saya berterima kasih sekali kepada hubby karena membantu browsing resep buttercream yang terenak (kata yang punya resep :). Juga terima kasih kepada anak2 yg sangat menghargai jerih payah mama-nya, apalagi eneng kecil yang sudah teriak2 histeris di depan oven, "Gâteau! Gâteau!"

;)

PS. Gâteau= kue

No comments: