Pages

Wednesday, October 15, 2014

Brother Sewing Foot



Sudah lama kepingin bahas tentang sewing foot-nya mesin jahit saya, si Brother Innovis (NV) 30. 

Standar dari mesinnya ada 6. 

  1. Zig zag foot (pied standard)
  2. Buttonhole foot (pied boutonnière automatique)
  3. Zipper foot (pied fermeture à glissière)
  4. Overcasting foot (pied surfilage)
  5. Blind stitch foot (pied outlet invisible)
  6. Monogramming foot (pied points déco)


PS. I miss this one: Button sewing foot (pied pose-bouton). Harusnya yg ini saya juga dapat.


So far saya banyak memakai empat sewing foot pertama di list. Sisanya belum sempat dicoba. Namun tampaknya yang blind stitch foot harus dicoba dalam waktu dekat ini.

Kemudian, berhubung saya membutuhkan walking foot untuk beberapa project yang menggunakan banyak lapisan kain, plus project yang memakai bahan kain kulit sintetis, maka saya membeli walking foot di eBay UK. Ini adalah walking foot yang bukan original dari Brother sehingga harga jauh lebih murah (kalau tidak salah sekitar 12 EUR). Sedangkan kalau harga walking foot resmi Brother di sini antara 40 - 42 EUR. 


PS. Walking foot sangat oke untuk project menggunakan bahan kulit sintetis. Tadinya saya hampir beli teflon foot tapi batal karena dengan walking foot-pun sudah cukup. Demikian juga untuk menjahit bahan dari PUL (cloth diaper sewing) Jangan lupa sesuaikan bahan dengan jenis jarumnya ya...


Beberapa bulan yang lalu, saya melihat di forum lokal menjahit, ada seorang ibu yang mau menjual sewing foot Brother miliknya. Saya tertarik dan membeli 2. 

SA177/F054 Side cutter foot
https://www.youtube.com/watch?v=GQ0uxut7zAA&list=UUjXNhEFm9WA5EtlZ25NZ4Dg

SA109/F014N Binding foot 
https://www.youtube.com/watch?v=kjVbhSNomb8

Sejauh ini saya belum menguasai si binding foot, hihi... Harus lebih banyak latihan lagi. Side cutter foot sangat keren hasilnya. Lebih rapi dibanding overcasting foot.


Dan saat ini sehubungan dengan kegiatan permak jahitan (hahaha…), saya memerlukan sewing foot ini:

SA126/F002N (7 mm) Narrow hemmer foot
https://www.youtube.com/watch?v=378O4qrSgn0

Ke depannya, saya ada project membuat pakaian anak dengan menggunakan invisible/concealed zipper. So, sewing foot ini juga akan berguna:

SA128/F004N Concealed zipper foot
https://www.youtube.com/watch?v=RkUtr_GI0-U&index=236&list=UUjXNhEFm9WA5EtlZ25NZ4Dg


Ok, sekian dulu. Kalau ada yang terbaru, saya akan revisi postingan ini. Ciao!



No comments: